Rabu, 05 Agustus 2015

Asesment Daftar Cek Masalah berbasis ICT





Pendahuluan.
       Undang—Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional serta Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, mewajibkan setiap Satuan pendidikan  menyususn kurikulumnya sendiri, yang disebut Kuriulum Tingkat satuan pendidikan atau KTSP.
       Dalam Standar isi dan termaktub dalam KTSP, Guru bimbingan konseling di sekolah bertugas memberikan pelayanan Bimbingan dan konseling dalam” bingkai “ Pengembangan diri.Dalam Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 mengamanatkan perlunya disusun dan dilaksanakan program pengembangan diri yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan serta mengapresiasikan dirinya sesuai dengan kebutuhan, bakat , minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Agar  pelayanan yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling tepat pada setiap individu maka pemberian layanan yang diberikan haruslah berbasis data. Karena peserta didik yang sangat unik ,satu dengan yang lainnya maka dalam pemberian layananpun harus berbeda  antara peserta didik satu dengan yang lainnya.Daftar Cek Masalah merupakan salah satu diantara banyak assesment yang digunakan dalam Bimbingan konseling di sekolah. Dalam Permendiknas nomor 39 Tahun 2009 tentang beban kerja Guru, termaktub Guru bimbingan konseling mempunyai kewajiban minimal melayani 150 siswa, beban ini sungguh berat jika di kerjakan secara manual. Dengan menggunakan DCM berbasis ICT (aplikasi DCM) guru Bk akan memiliki data base tentang siswa secara efektif dan efisien. Guru tidak lagi dihabiskan waktunya untuk urusan administrasi. Dan setiap pergantian semester perkembangan masalah siswa dapat di update dengan menggunakan aplikasi Excel (DCM).
     Bagaimana membuat aplikasi DCM berbasis Excel sangat lah mudah karena hanya mengunakan fungsi logika yang ada diexcel. Bersama ini penulis sampaikan contoh aplikasi DCM. Semoga karya yang sederhana ini merupkan karya yang aplikatif dimanapun dipakai dan menjadi sumber inspiratif dan motivasi bagi teman –teman BK di Tanah Air. Workshop pembuatan program sederhana ini hanya butuh waktu 1 jam. Terima kasih atas perhatianya dan selamat berkarya untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia khusunya program Pengembangan diri lewat BK disekolah semakin Profesional dalam pelayanannya.

Tidak ada komentar:

Asesment Daftar Cek Masalah berbasis ICT

Pendahuluan.        Undang—Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional serta Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tah...